Gampang! Begini Cara Logout Gmail di Komputer serta HP Android dan iOS

Gampang! Begini Cara Logout Gmail di Komputer serta HP Android dan iOS - Skill Academy

Artikel ini buat kamu yang masih belum paham caranya logout akun Gmail yang tersambung di komputer dan HP kamu. Yuk, simak!

Gmail adalah salah satu email keluaran Google yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Nyatanya, menurut artikel techjury.com, terdapat 1,8 miliar pengguna Gmail di seluruh dunia. Ditambah lagi, sebanyak 75% pengguna Gmail mengaksesnya melalui perangkat HP. Pasalnya, Google menyediakan beberapa aplikasi yang tertanam langsung di smartphone Android, salah satunya Gmail itu sendiri.

Dilansir GCF Global, Gmail menjadi kunci bagi pengguna internet untuk membuat akun Google karena mereka nantinya bisa mengakses beberapa fitur yang didukung oleh Google itu sendiri, seperti YouTube, Google Docs, langsung tersambung ke Google Calendar, sampai Google Meet.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Gmail memiliki fitur-fitur istimewa yang bisa dinikmati oleh para penggunanya seperti berikut:

  1. Spam filtering, yakni fitur saat email yang masuk ke dalam folder spam secara otomatis terhapus dalam kurun waktu 30 hari.
  2. Conversation view yang menampilkan email ke dalam bentuk percakapan.
  3. Built-in chat, yakni fitur yang memungkinkan kamu sebagai pengguna bisa mengirim percakapan berupa teks, video, dan gambar secara personal ataupun di grup. Fitur Gmail ini terkoneksi dengan fitur Google lain, yaitu Hangout.
  4. Meeting, yakni fitur yang memungkinkan kamu agar nggak perlu ribet membuka website Google Meet lagi. Klik “New Meeting” untuk langsung membuat pertemuan online.

Karena fitur-fitur unik ini juga, banyak perusahaan yang memanfaatkan Gmail untuk email karyawan.

Cara membuat Gmail sangatlah mudah. Kamu bisa melakukan pendaftaran atau register melalui komputer ataupun HP. Begitu juga dengan login dan logout. Akan tetapi, banyak orang masih bingung cara logout Gmail yang terkesan sulit, terlebih jika kamu mengaksesnya di HP.

Melalui artikel ini, Skill Academy ingin memberi informasi bagaimana cara logout Gmail yang gampang banget! Ikuti terus artikel ini, ya!

 

Baca juga: Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop dengan Mudah

 

Cara logout Gmail

Buat kamu yang masih bingung dengan cara logout Gmail, berikut ini adalah caranya. Yuk, simak sampai habis!

1. Cara Logout Gmail di komputer/PC

cara logout gmail di komputer

Langkah pertama, buka gmail.com di browser kamu. Pastikan di Gmail kamu masih ada beberapa akun yang login.

 

cara log out gmail di komputer

Selanjutnya, klik foto profil yang ada di sudut kanan atas. Nantinya akan muncul satu atau beberapa akun Gmail yang tersimpan di browser kamu. Klik Sign out of all accounts. Jika kamu login beberapa akun Gmail di komputer, semua akun akan ter-logout.

 

cara logout gmail di laptop

Nah, kalau kamu habis berurusan dengan komputer di tempat umum, seperti warnet atau fotokopi, kamu bisa menghapus akun Gmail yang telah ter-logout agar tidak disalahgunakan. Klik Remove an account > klik tanda strip “-” pada akun Gmail yang akan dihilangkan.

See? Gampang banget, ‘kan?

 

2. Cara Logout Gmail di HP Android

Pertama, buka aplikasi Gmail yang ada di HP Android kamu. Klik lingkaran foto profil yang ada di pojok kanan atas, kemudian akan muncul daftar Gmail yang tersambung di HP kamu.

cara logout gmail di hp

Setelah itu, klik manage accounts on this device. 

 

cara logout gmail di hp oppo

Klik salah satu akun Gmail yang ingin kamu logout. Jika sudah, klik remove account. 

 

cara logout gmail di android

Sebelum benar-benar ter-logout, kamu akan mendapatkan pesan seperti pada gambar yang artinya jika email tersebut kamu hilangkan dari daftar Gmail di HP kamu, seluruh data akan terhapus di perangkat ini. Kalau kamu tetap ingin logout Gmail di HP Android kamu, klik remove account.

Tapi, kamu masih bisa tetap login email dengan akun Gmail yang tadi kamu logout di add another account.

 

Ikuti kelas: Dasar Korespondensi: Menulis Email, Chat, Hingga Laporan

 

3. Logout Gmail di HP iOS

Buat kamu yang menjadi Apple user dengan sistem iOS, caranya masih sama seperti logout Gmail di HP bersistem Android.

  1. Buka aplikasi Gmail yang ada di iPhone atau iPad kamu.
  2. Klik lingkaran foto profil yang ada di pojok kanan atas, lalu klik manage accounts on this device.
  3. Klik remove from this device pada salah satu akun Gmail yang ingin kamu logout. 

Gmail adalah produk Google yang memudahkan kamu dalam mengirim pesan elektronik (email). Selain itu, Gmail menjadi salah satu syarat supaya kamu bisa membuat akun Google sehingga kamu bisa mengakses berbagai macam fitur Google untuk memudahkan segala aktivitas yang berkaitan dengan dunia kerja. Gmail bisa kamu akses di komputer/PC dan HP dengan sistem Android dan iOS.

Ikuti terus informasi seputar dunia kerja dan teknologi di blog Skill Academy. Jangan lupa juga untuk upgrade kemampuan kamu dengan mengikuti kelas di Skill Academy yang bisa kamu akses di mana saja, kapan saja, dan sertifikatnya berlaku selamanya!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Sumber:

Petrov, Christo. 2022. 52 Gmail Statistics To Show How Big It Is In 2021. Techjury. [daring].

https://techjury.net/blog/gmail-statistics/#gref

GCF Global. Gmail, Introduction to Gmail. edu.gcfglobal.com. [daring]. https://edu.gcfglobal.org/en/gmail/introduction-to-gmail/1/

 

Kusariani Adinda