Cara Daftar LinkedIn dengan Mudah, Jobseeker Wajib Tahu!

Devi Lianovanda Jan 26, 2023 • 9 min read


cara daftar linkedin

LinkedIn adalah salah satu media sosial untuk menemukan pekerjaan impian, belum punya? Bikin LinkedIn dulu yuk, berikut adalah panduan membuatnya!

Linkedin adalah jejaring sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan. Di LinkedIn, kamu bisa membangun koneksi secara online dengan para profesional di berbagai bidang.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai info lowongan pekerjaan langsung dari akun resmi perusahaan atau dari recruiter. Itu aja? Nggak, dong! Kamu juga bisa menemukan berbagai tips seputar dunia kerja, bisnis, marketing, hingga cerita inspiratif yang dapat memberi insight dan cara pandang baru.

Kenapa, sih, jobseeker harus punya akun LinkedIn? Berdasarkan data dari LinkedIn, setiap menit 8 orang mendapatkan pekerjaan di LinkedIn. Data tersebut menunjukkan bahwa LinkedIn dapat menjadi salah satu media yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan.

Apakah kamu seorang fresh graduate atau jobseeker? Belum punya LinkedIn? Hm, pas banget! di artikel ini kamu akan menemukan bagaimana cara daftar LinkedIn dengan mudah dan cepat!

 

Cara Daftar LinkedIn

Agar lebih leluasa, alangkah lebih baik kalau kamu daftar LinkedIn melalui laptop atau personal computer. Berikut caranya:

1. Buka laman linkedin.com

Pertama, kunjungi website LinkedIn di linkedin.com atau download aplikasinya di smartphone kamu.  Kamu akan melihat halaman awal seperti berikut ini, klik Join Now.

 

 

2. Masukkan email dan password baru

Setelah itu, masukkan email yang akan didaftarkan dan buat password baru. Usahakan untuk membuat password dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol unik. Tapi pastikan passwordnya mudah untuk kamu ingat, ya!

 

 

3. Tulis nama depan dan belakang

Tuliskan nama depan dan nama belakang kamu pada kolom yang tersedia, lalu klik Continue untuk proses selanjutnya.

 

 

4. Isi negara dan kota tempat kamu tinggal

Selanjutnya, isi negara dan kota tempat kamu tinggal. Jika sudah, klik Next.

 

 

5. Masukkan Job Title

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, masukkan Job Title terakhir dan isi data sesuai kolom yang tersedia, lalu klik Continue

 

 

Jika kamu masih seorang pelajar atau mahasiswa, maka pilih I’m a student dan lengkapi data-data seperti nama sekolah, tahun masuk dan tahun lulus, konfirmasi umur, lalu klik Continue.

 

 

 

6. Konfirmasi email

Selanjutnya, LinkedIn akan mengirimkan kode konfirmasi melalui email yang sudah kamu daftarkan di awal tadi. So, cek kotak masuk (inbox) di email kamu, lalu masukkan kode yang muncul pada kolom yang tersedia, kemudian klik Agree & Confirm.

 

 

 

7. Lengkapi pertanyaan yang diberikan

Setelah berhasil melakukan konfirmasi email, LinkedIn akan memberikan beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab. Pilih jawaban yang sesuai lalu klik Next untuk melanjutkan proses.

 

 

 

 

8. Proses pembuatan LinkedIn selesai!

Yeay, akun LinkedIn kamu berhasil dibuat! Saatnya melengkapi profil LinkedIn agar menarik perhatian recruiter, dan mulai temukan pekerjaan impianmu! Temukan tutorial lengkap cara penggunaan LinkedIn dalam artikel 7 Cara Penggunaan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu

 

 

 

Selain melalui LinkedIn, kamu juga bisa mendapatkan rahasia sukses mendapat pekerjaan impian melalui kelas bersama Kak Iman Usman! Klik banner di bawah dan ikuti kelasnya, bersertifikat!

sukses melamar kerja

 

Cara Daftar LinkedIn di HP

Sebetulnya proses daftar LinkedIn di laptop dan di HP sama saja, guys. Tapi, jika kamu bingung, ikuti saja tutorial di bawah ini:

1. Buka aplikasi LinkedIn atau website linkedin.com

Pertama, buka aplikasi LinkedIn di smartphone kamu atau menuju halaman linkedin.com. Setelah itu, kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Klik Join LinkedIn. 

2. Masukkan email dan password baru

Masukkan email dan password baru pada kolom yang tersedia. Pastikan untuk membuat password yang unik dengan kombinasi angka, huruf, dan simbol, ya. Lalu klik Continue.

3. Masukkan nama depan dan belakang

Setelah itu, input nama depan dan nama belakang kamu, lalu klik Agree & Join. 

4. Masukkan lokasi

Pilih lokasi yang sesuai dengan daerah kamu bekerja atau tinggal, klik Next.  

5. Pilih status (pekerja atau mahasiswa)

Pilih status apakah kamu pekerja atau mahasiswa, lalu lengkapi data sesuai status yang kamu pilih. 

6. Masukkan foto profil

Pilih foto untuk dijadikan foto profil akun LinkedIn kamu, jika ingin mengisinya nanti, kamu dapat memilih Skip for now.

7. Verifikasi email

Langkah selanjutnya adalah verifikasi email. Masukkan 6 digit kode yang sudah dikirimkan ke email kamu pada kolom yang tersedia. Kemudian klik Next. 

8. Jawab beberapa pertanyaan dan selesai

Jawab pertanyaan dari LinkedIn apakah kamu sedang mencari pekerjaan atau tidak. Pertanyaan ini bertujuan agar LinkedIn dapat memberi rekomendasi konten atau informasi yang sesuai dengan pilihan kamu. 

Selesai, LinkedIn kamu berhasil dibuat! 

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun LinkedIn Secara Permanen dengan Mudah

Apabila akun sudah berhasil dibuat, maka kamu sudah bisa membangun koneksi dengan recruiter perusahaan impian, rekan kerja, atau tokoh inspiratif favorit kamu. Ayo buat LinkedIn-mu semakin menarik, lihat caranya melalui artikel ini Cara Mudah Membuat Profil Akun LinkedIn Jadi Lebih Menarik 

Eits, setelah bikin Linkedin, jangan lupa juga untuk tingkatkan skill yang dibutuhkan pekerjaan impianmu. Kamu bisa ikut Mini Bootcamp atau kelas-kelas dari Skill Academy sesuai kebutuhan dan minat kamu.

Sertifikat pelatihannya bisa kamu upload ke LinkedIn untuk melengkapi profil dan menarik para perekrut! Klik banner berikut dan cari tahu kelas yang cocok untukmu!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

 

 

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar