Cara Browsing Anti Ribet dengan Memanfaatkan Google Lens

Mengenal Google Lens


Ketika ingin melakukan pencarian di internet, kemungkinan besar tools atau search engine yang langsung terpikirkan adalah Google atau Google Search. Namun, seiring berkembangnya teknologi, ada tools lain yang bisa dipakai dan juga masih berada di bawah ekosistem Google, yaitu Google Lens. Nah, artikel ini akan mengenalkanmu lebih lanjut dengan Google Lens dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan optimal.

 

Apa itu Google Lens?

Google Lens adalah suatu alat pencarian berbasis AI yang memungkinkan penggunanya mendapat informasi yang relevan dari suatu objek dengan membidik objek tersebut menggunakan kamera.

Pada awal kemunculannya pada tahun 2017, Google Lens hanyalah fitur tambahan dari Google Search dan hanya tersedia pada smartphone Google Pixel. Sekarang, Google Lens telah memiliki aplikasinya sendiri yang terpisah dari Google Search dan bisa digunakan di berbagai merek smartphone.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Google Lens

Dari definisi Google Lens, dapat terlihat bahwa Google Lens lebih memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian daripada Google Search. Agar kemudahan itu benar-benar bisa kamu rasakan, kamu bisa mengikuti cara menggunakan Google Lens yang efektif di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Google Lens dari aplikasinya langsung atau dari Google Search dengan klik icon kamera
  2. Jika kamu belum mengizinkan aplikasi Google Lens untuk mengakses handphone-mu, buka pengaturan di handphone-mu dan izinkan Google Lens untuk mengakses kamera dan galeri foto.
  3. Arahkan kamera ke objek yang ingin kamu telusuri, lalu klik ikon bidik untuk melakukan penelusuran. Atau jika kamu sudah memiliki bidikan objek tersebut di galeri handphone, kamu hanya perlu klik ikon galeri dan pilih objek tersebut.
  4. Informasi-informasi relevan terkait objek tersebut akan muncul.
  5. Namun jika informasinya dirasa kurang relevan, kamu bisa menambahkan kata kunci di box “Add to your search”.

Lalu, bagaimana jika ingin melakukan pencarian melalui Google Lens Web dari PC atau desktop? Caranya sama dengan cara menggunakan Google Lens di atas, tapi pencarian dari PC lebih pas jika kamu sudah memiliki foto dari suatu objek karena webcam memiliki posisi yang terbatas untuk membidik objek.

Baca juga: Mengenal Google AdSense: Fungsi, Keuntungan, dan Cara Daftarnya

 

Keunggulan Google Lens

Selain memberi kemudahan bagi penggunaannya, berikut keunggulan lain dari Google Lens dan fitur-fiturnya yang perlu kamu ketahui.

1. Pencarian gambar

Fitur ini adalah fitur utama Google Lens yang dapat membantu kamu mengetahui hal-hal di sekitar yang kamu lihat dan membuatmu penasaran. Misalnya, kamu melihat orang memakai sepatu yang menurutmu bagus dan kamu ingin mengetahui dari merek apa dan bisa membelinya di mana. Dengan sekali klik di Google Lens, kamu akan mengetahui info-info yang kamu butuhkan tersebut.

 

2. Pengenalan dan Terjemahan Teks

Fitur selanjutnya adalah untuk mendeteksi teks dalam gambar dan secara bersamaan langsung menerjemahkan teks tersebut. Misalnya, jika kamu di luar negeri dan tidak mengerti tulisan di signage dalam bahasa asing, kamu dapat menggunakan Google Lens untuk mengenali dan menerjemahkan teks tersebut ke dalam bahasa pilihanmu.

 

3. Menyalin Konten dari Satu Perangkat ke Perangkat Lainnya

Fitur lain yang membuat Google Lens unggul adalah fitur penyalinan konten yang terdapat di dalamnya. Dengan mengarahkan kamera ke konten yang ingin kamu salin dan mengklik bidik, kamu dapat menyalin konten tersebut ke perangkat kamu dengan cepat.

 

Manfaat Google Lens

Dari fitur-fitur tersebut, berikut manfaat-manfaat konkret dari Google Lens yang mungkin kamu butuhkan dalam keseharianmu.

1. Menambah Wawasan

Kapan pun kamu menemukan sesuatu yang membuat kamu penasaran, Google Lens dapat langsung memberitahu kamu apa yang sedang kamu lihat. Selain itu, Google Lens juga dapat memberi kamu sumber-sumber lain untuk dibaca secara mendalam sehingga kamu memiliki pemahaman yang baik tentang hal tersebut.

 

2. Mendapatkan Produk Secara Mudah

Manfaat yang ke-2 ini sudah diilustrasikan sebelumnya. Dengan menggunakan Google Lens, kamu dapat secara mudah mengidentifikasi produk yang menarik perhatian dengan hanya membidik produk tersebut. Kamu juga sudah mengetahui dari cara menggunakannya. Apabila kamu menginginkan variasi produk, kamu dapat menambahkan kata kunci, seperti warna atau model pada kolom “Add to your search”.

 

3. Mencari Informasi Medis

Google Lens juga bisa dijadikan media untuk mencari informasi umum seputar medis. Misalnya, kamu mengalami masalah kulit. Dengan memotret kulit kamu yang bermasalah, Google Lens bisa memberikan informasi mengenai masalah kulit tersebut. Namun, tentunya kamu tetap harus pergi ke dokter untuk diagnosis yang lebih akurat, ya!

 

4. Memudahkan dalam Menerjemahkan Bahasa Asing

Hal ini sudah disebut dalam segmen keunggulan sebelumnya, yaitu manfaat dari fitur pengenalan dan terjemahan teks. Google Lens memiliki kemampuan untuk menerjemahkan lebih dari 100 bahasa secara instan sehingga bisa disebut sebagai Google Lens translate.

 

5. Membantu Mengerjakan PR

Manfaat terakhir ini sangat berguna untuk para pelajar. Mereka hanya perlu memotret atau mengarahkan kamera ke soal atau PR yang ingin dipecahkan, Google Lens akan memberikan instruksi yang diperlukan untuk memecahkannya. Soal dari berbagai subjek dapat dipecahkan Google Lens, yakni matematika, biologi, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Google Looker Studio dan Cara Menggunakannya untuk Visualisasi Data

 

Cara Memanfaatkan Google Lens

Cara menggunakan, keunggulan, dan manfaat Google Lens sudah kamu ketahui. Yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui juga adalah cara mempraktikkan penggunaan Google Lens pada tiap-tiap manfaatnya secara spesifik. Berikut adalah cara-caranya.

1. Langkah memakai Google Lens untuk mengidentifikasi suatu objek yang spesifik

  • Buka aplikasi Google Lens.
  • Klik ‘Search with your camera.’
  • Arahkan kamera kamu ke yang ingin diidentifikasi.

 

2. Langkah memakai Google Lens untuk menerjemahkan teks

  • Buka aplikasi Google Lens.
  • Klik ‘Search with your camera.’
  • Arahkan kamera kamu ke teks yang ingin diterjemahkan.
  • Pilih ke bahasa terjemahan yang diinginkan
  • Klik bidik dan teks akan diterjemahkan dengan Google Lens secara instan.

 

3. Langkah memakai Google Lens untuk mencari dan belanja produk secara online

  • Buka aplikasi Google Lens.
  • Klik ‘Search with your camera.’
  • Geser dan pilih tab “Shopping”.
  • Foto produk yang dibeli 
  • Klik tombol ‘Google Search’ untuk mencari produk secara online.
  • Informasi produk dan link untuk membelinya akan muncul.

 

4. Langkah memakai Google Lens untuk mengerjakan PR

  • Buka aplikasi Google Lens.
  • Klik ‘Search with your camera.’
  • Geser dan pilih tab “Homework”.
  • Klik tombol ‘Google Search’ untuk mencari soal yang ingin diselesaikan.
  • Jawaban dari soal tersebut akan muncul pada laman Google Search.

Dari mulai mencari informasi terkait objek random yang ditemukan di waktu tertentu sampai membantu dalam menjawab PR bisa dilakukan di Google Lens. Kamu bisa mengikuti cara-cara memanfaatkan Google Lens di artikel ini yang sesuai dengan kebutuhan kamu!

Ikuti kelas: SEO 101: Tingkatkan Performa Website di Google


Yuk, ikuti terus informasi-informasi bermanfaat lainnya di blog Skill Academy. Ikuti juga kelas-kelas bermanfaat bagi perkembangan diri dan karier kamu di Skill Academy by Ruangguru. Klik banner di bawah untuk kepoin kelas-kelasnya yang dibimbing oleh instruktur yang kompeten dan berpengalaman!

SKill Academy - CTA

Deksa Nurfadhilah