Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Gampang dan Pasti Cuan!

Salsabila Nanda Des 7, 2021 • 7 min read


Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Bagaimana cara berjualan di Facebook Marketplace agar dilihat banyak orang? Ikuti langkah-langkah dan tipsnya di artikel ini!

---

Pengen jualan di Facebook deh,”

Wah, harus pasang iklan (ads) biar laku,”

Hmm, kata siapa? Memang sih, Facebook Ads berpotensi meningkatkan awareness produk yang dijual. Apalagi jika budget iklan yang kamu keluarkan juga tinggi. Semakin tinggi budget, semakin besar peluang produk kamu dilihat dan dibeli oleh mereka. Tetapi, kalau modalnya terbatas gimana? Jangan khawatir, masih ada Facebook Marketplace yang bisa kamu coba!

Apa itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace adalah fitur gratis yang dapat digunakan oleh pengguna Facebook untuk menjual dan membeli barang. Di Facebook Marketplace, kamu dapat menawarkan dan menemukan produk berdasarkan lokasi. Ada pula fitur messenger yang memungkinkan penjual dan pembeli berkomunikasi sebelum melakukan transaksi. Namun, perlu digarisbawahi nih, Facebook Marketplace tidak menyediakan sistem pembayaran seperti Shopee, Tokopedia, atau e-commerce lain. Biasanya, terdapat 2 metode pembayaran yang disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu melalui transfer ke rekening penjual atau Cash On Delivery (COD).

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace cocok untuk mereka yang baru membuka toko online. Prosesnya mudah dan yang paling penting tidak dipungut biaya. Berikut tutorial berjualan di Facebook Marketplace:

1. Masuk ke akun Facebook kamu, kemudian cari icon  icon marketplace di sisi kiri halaman Facebook. Jika login melalui tablet atau ponsel, icon tersebut terletak di bagian bawah aplikasi untuk iOS atau di bagian atas aplikasi untuk Android. 

Tutorial Facebook Marketplace 1

2. Klik Jual Barang. Kemudian muncul pilihan Jenis Tawaran. Jika produk yang kamu jual bukan kendaraan, rumah, atau lowongan kerja, maka pilih kategori Barang Dijual.



Tutorial Facebook Marketplace 2Tutorial Facebook Marketplace 3

3. Klik Tambahkan Foto untuk mengunggah foto produk dari PC atau galeri ponsel. Lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama, harga, ukuran, kondisi barang, lokasi, dan sebagainya. Di sisi kanan deskripsi terdapat kolom “Pratinjau” untuk memastikan informasi produk sudah lengkap sebelum diposting.


preview facebook marketplace

Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper, Mana yang Lebih Menguntungkan?

4. Kamu juga bisa menawarkan produk di grup atau komunitas tempat tinggal. Misalnya, Grup Jual Beli Warga Bekasi, Jual Beli Cikarang, Jual Beli Tambun, dan sekitarnya. Hal ini membuat produk dilihat oleh lebih banyak orang. Jika sudah, klik Terbitkan untuk memposting produk kamu.

preview facebook marketplace 2

5. Setelah produk diposting ke Marketplace, kamu hanya perlu menunggu calon pembeli yang tertarik. Biasanya, muncul notifikasi messenger atau pop up chat di bagian bawah beranda Facebook. Pembeli akan bertanya ketersediaan barang dan metode pembayaran. Agar tidak tertipu, kamu juga bisa lho bertukar nomor WhatsApp sebelum menyetujui transaksi.

chat facebook marketplace

6. Apabila produk telah habis terjual, kamu dapat menghapusnya dari Marketplace. Klik Tandai Sebagai Habis, lalu pilih keterangan dimana produk tersebut habis dijual, kemudian klik Selanjutnya. Barang kamu akan otomatis terhapus dan tidak bisa ditemukan oleh pengguna Facebook lagi.

 

Tutorial Facebook Marketplace 12

 

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Mau barang jualan kamu dilihat oleh banyak orang di Facebook Marketplace? Kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini. Dijamin ramai pembeli!

1. Informasi Produk yang Lengkap

Tulis deskripsi sedetail mungkin agar tidak membingungkan calon konsumen. Mulai dari harga, warna, kondisi, stok barang, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci di kolom deskripsi yang berhubungan dengan produk kamu. Misalnya, "celana kulot highwaist," "celana kulot kekinian," atau "celana kulot OOTD,". Saat calon pembeli mengetikkan kata tersebut, barang jualan kamu akan muncul.

2. Foto Produk Asli dan Menarik

Hati-hati sebelum mengunggah foto produk. Facebook bisa mendeteksi jika gambar yang kamu gunakan berasal dari toko lain. Kalau sudah begini, produk kamu tidak akan disetujui untuk dijual di Marketplace. Solusinya, penjual harus menggunakan foto asli. Pelajari teknik fotografi dengan HP, manfaatkan cahaya matahari atau lighting agar objek terlihat jelas. Psstt, kamu dapat menambahkan sampai 10 gambar dalam 1 unggahan lho.

3. Responsif dalam membalas chat

Siap-siap membalas pesan dalam jumlah yang banyak. Calon pembeli menyukai seller yang ramah dan fast response. Kuasai teknik copywriting agar mereka tertarik membeli produkmu. Edukasi mereka dengan kualitas barang yang kamu jual. Apabila pesan yang masuk semakin menumpuk, kamu bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business yang memiliki fitur quick replies. Tambahkan nomor ponsel di bagian keterangan produk agar konsumen dapat langsung menghubungimu.

4. Tawarkan sistem COD

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Facebook Marketplace tidak memfasilitasi sistem pembayaran. Oleh sebab itu, penjual dan pembeli bisa memilih metode transfer atau Cash On Delivery. Namun, terkadang pembeli ragu mentransfer uang dalam jumlah yang besar. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan mereka, penjual dapat menawarkan metode pembayaran COD. Kamu dan pembeli akan bertemu di lokasi yang telah disepakati, kemudian melakukan transaksi di tempat tersebut. Tapi, jangan sampai rugi ya,  COD juga perlu bensin lho. Jika lokasinya terlalu jauh, kamu bisa bernegosiasi agar pembeli menambahkan ongkos kirim.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen atau Sementara

5.Promosi ke Grup Jual Beli

Mulailah bergabung dengan komunitas jual beli di sekitar tempat tinggalmu. Mempromosikan barang dagangan ke grup jual beli membantu kamu memperoleh lebih banyak calon konsumen. Perlu diingat, setiap grup memiliki aturan yang berbeda, salah satunya batasan unggahan. Jangan terlalu sering mengunggah barang dagangan dalam satu waktu, bisa-bisa akun kamu ditandai sebagai spam.

---

Ternyata, berjualan lewat Facebook Marketplace tidak sulit seperti yang dibayangkan ya. Mau jadi wirausaha sukses? Tingkatkan skill bisnis dan keuangan kamu lewat kelas pilihan di Skill Academy. Tonton videonya dari ponsel, tablet, maupun PC. Ada rangkuman di setiap akhir sesi untuk mempermudah proses belajar. Harga kelasnya lagi diskon lho, yuk gabung sekarang!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi:

Facebook Marketplace Indonesia [Daring]. Tautan: https://id-id.facebook.com/marketplace/learn-more/ (diakses 30 November - 2 Desember 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar