Daftar Ide Bisnis Sampingan yang Menjanjikan di Tahun 2022

Kusariani Adinda Des 27, 2021 • 13 min read


bisnis sampingan

Artikel ini membahas daftar ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2022.

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi kita semua. Kedatangan pandemi berdampak besar pada sektor ekonomi. Selain harga kebutuhan naik drastis dan stok barang menipis, banyak teman-teman kita yang diputus hubungan kerja (PHK). Menurut Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dalam artikel tempo.co, alasan mengapa terjadinya PHK besar-besaran sejak awal pandemi dilandasi dengan 4 (empat) faktor: Ketersediaan bahan baku yang menipis, melemahnya rupiah terhadap dollar, kunjungan wisata yang mempengaruhi pekerja di industri tersebut, serta anjloknya harga minyak dan indeks saham gabungan.

Jangan kaget, KSPI menyebutkan sebanyak lebih dari 160.000 pekerja diputus kerja di tahun 2020. Sedangkan, Dinas Ketenagakerjaan memprediksi lebih dari 140.000 pekerja yang diberlakukan PHK dan 2.819 perusahaan berpotensi tutup hingga akhir 2021. 

Akan tetapi, masih banyak kok pekerja yang dirumahkan dan memberlakukan WFH (Work from home) dengan gaji yang dipotong sekian persen. Agar tetap bisa survive di masa pandemi ini, banyak para pekerja yang mencoba merambah ke dunia bisnis kecil untuk menambah penghasilan tambahan. Begitu juga dengan karyawan yang sudah di-PHK. 

Meskipun usaha kecil tersebut merupakan bisnis sampingan, penghasilannya bisa bantu kamu untuk bertahan hidup di masa pandemi. Kalau dijalani dengan tekun, bisnis sampingan tersebut sangat menjanjikan, lho!

Lalu, apa saja bisnis kecil yang menjanjikan untuk kamu coba sambil bekerja, bahkan menggantikan pekerjaan sebelumnya di tahun 2022? 

 

1. Freelance

Sebelumnya, kamu adalah pekerja kantoran profesional yang di-PHK. Atau, kamu butuh penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan selama masa pandemi. Ditambah lagi, bidang pekerjaanmu bisa dilakukan secara fleksibel di luar jam kantor. Nah, kamu bisa mencoba freelance untuk membantu berbagai bisnis yang sedang berjalan. Buat kamu yang belum tahu, freelance adalah pekerjaan berupa proyek yang dilakukan oleh individu dengan waktu yang fleksibel.

Umumnya, bidang kreatif dan pemasaran adalah bidang yang sering dikerjakan oleh para freelancer. Misalnya, copywriting, content writing, graphic design, social media marketing, digital marketing, illustration, motion graphic, video editing. 

Semenjak pandemi, banyak perusahaan yang memberlakukan social distancing dang mengalihkan transaksi atau pelayanan menggunakan aplikasi di smartphone. Nah, bagi kamu yang ahli di bidang teknologi, bisa banget untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih besar dari gaji pokok pekerjaan utama dengan bergabung ke proyek app development. 

Bagi kamu fresh graduate yang menguasai bahasa asing, menjadi penerjemah bisa jadi pertimbangan. Soalnya, menurut IBISWorld dikutip dalam businessnewsdaily.com bahwa freelance penerjemah masih sangat dibutuhkan hingga lima tahun ke depan, seiring perkembangan bisnis global yang mendunia.

 

2. Influencer

Salah satu bisnis sampingan yang diprediksi menjanjikan di tahun 2022 adalah menjadi influencer, karena brand masih memanfaatkan strategi marketing secara organik melalui review di media sosial. Terlebih di masa pandemi seperti ini untuk menghemat budget pemasaran yang biasanya dilakukan secara offline. 

Influencer adalah orang yang mampu mempengaruhi publik sesuai dengan bidang yang digelutinya. Influencer dimanfaatkan sebagai metode promosi suatu produk brand supaya mampu dikenal oleh target market sampai ke tahap penjualan.

Untuk memperkuat pemasaran pada brand sesuai dengan objektif komunikasinya, brand memanfaatkan nano influencer dengan followers kurang dari 10.000 agar iklan atau promosi terlihat organik dengan bantuan influencer marketing platform. 

Berdasarkan data dari salah satu influencer marketing platform di Indonesia, PopStar, peningkatan pengguna yang mendaftarkan diri sebagai nano influencer cukup tajam di masa pandemi 2020. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dengan mengikuti campaign dari beberapa brand terkemuka. Syaratnya adalah memposting review atau promosi di Instagram. Para influencer harus menjaga engagement dari postingan tersebut. Siapa tahu, makin banyak brand kecil maupun besar yang tertarik bekerjasama dengan influencer tersebut. 

 

3. Konsultan

Senang bertemu dan membantu banyak orang? Ditambah lagi, kamu berpengalaman menangani berbagai hal yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai? Nah, menjadi konsultan adalah jalan ninja kamu di tahun 2022. 

Konsultan adalah seseorang atau kelompok orang yang ahli di bidang tertentu, kemudian memberi arahan dan saran kepada berbagai pihak. Pihak yang bekerjasama dengan konsultan disebut klien. Konsultan yang sering kamu temui adalah konsultan keuangan, konsultan pajak, konsultan SDM, konsultan pemasaran, konsultan digital marketing, konsultan hukum, konsultan IT.

bisnis sampingan - keuntungan bisnis sampingan

Kamu bisa melakukannya dengan beberapa rekan kerja atau temanmu yang memiliki passion yang sama untuk membantu bisnis kecil seperti UMKM di bidang tertentu. Misalnya, kamu memiliki konsultan pemasaran (agensi) kecil, atau konsultan pajak dan keuangan untuk membantu berbagai bisnis yang baru merintis. Keuntungannya? Bisa melebihi gaji pokok karyawan! Jika kamu bisa memberi layanan yang terbaik bagi bisnis mereka, konsultan yang kamu dirikan menjadi sangat menjanjikan di mata mereka. Sehingga, mereka ingin menggunakan jasamu lagi di setiap tahun.

 

4. Mengajar les privat secara virtual

Sebelumnya, kamu adalah guru bahasa Inggris di suatu bimbingan belajar. Seiring pandemi berjalan, bisnis bimbingan belajar tersebut mengalami kebangkrutan. Kamu nggak bisa lagi bekerja di sana sebagai pengajar. Dengan mindset jangan menyerah, kamu berusaha untuk mengajar les privat secara online melalui Google Meet atau Zoom

Kalau nggak, kamu adalah karyawan yang dirumahkan, tetapi kamu punya bakat bermain musik dan mampu mengajarkan banyak orang dengan baik. Kamu bisa juga buka kelas privat musik sebagai bisnis sampingan. 

Masih banyak orang yang takut untuk belajar secara offline dan tatap muka. Di tahun 2022, mengajar kursus privat secara online masih sangat menjanjikan untuk diikuti banyak orang. 

 

5. Instruktur olahraga virtual

Dulunya, kamu adalah personal trainer di Gym atau instruktur olahraga yang telah mendapatkan sertifikat resmi. Tapi, sudah 2 tahun pandemi ini belum diizinkan untuk mengajar olahraga di sanggar atau Gym. Huhu, harus apa dong? 

Daripada nganggur, kamu bisa lho menawarkan diri untuk membuka kelas olahraga secara virtual. Semenjak pandemi, kesadaran masyarakat untuk berolahraga mulai meningkat untuk menjaga kebugaran tubuh agar terhindar dari virus Covid-19. 

 

Baca juga: Mau Jadi MUA? Ikuti 5 Tips Ini untuk Merintis Karier sebagai Makeup Artist

 

Untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dengan mengajar kelas olahraga virtual, kamu bisa bergabung ke studio olahraga seperti Sana Studio, Laca Studio, atau Salsalivefit. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan diri ke berbagai brand atau perusahaan untuk mengajar kelas olahraga untuk membantu para karyawan agar selalu sehat jiwa dan raga.

 

6. Kuliner

Buat kamu yang suka memasak dan bereksperimen dengan bahan makanan, bisnis kuliner cocok banget untuk jadi ladang penghasilan tambahan. Selain skill memasak seperti MasterChef, skill bisnis dan pemasaran juga harus diasah, nih!

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menanggapi bahwa bisnis kuliner tumbuh secara positif, karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer yang selalu dikonsumsi masyarakat. Ditambah lagi, adanya layanan pesan makanan online mempermudah bisnis kamu cepat dikenal masyarakat dan laku keras!

Untuk promosinya, kamu bisa menerapkan digital marketing seperti media sosial, iklan FB maupun Instagram, bahkan memanfaatkan influencer untuk endorsement. Selain itu, membuka reseller dan dropshipper dapat membantu teman-teman yang ingin berbisnis kuliner juga, lho!

Baca juga: Begini Cara Memulai Bisnis Online Kue Basah yang Sangat Menguntungkan!

 

7. Thrift shop

Selain mengembalikan tren berbusana vintage yang classy tapi tetap terlihat gaul, bisnis thrift shop ini modalnya nggak besar, tapi keuntungannya super besar jika dibarengi dengan pemasaran yang tepat. 

Apa sih thrift shop itu? Thrift shop adalah menjual barang-barang bekas dengan kualitas yang masih seperti baru.

Bisnis thrift shop untuk mendapatkan penghasilan tambahan juga bertujuan sangat mulia, lho! Dengan menjual kembali pakaian bekas atau reject dari pabrik, maka kamu sebagai pebisnis telah ikut bergerak dalam menjaga bumi dan lingkungan. Pasalnya, industri pakaian menyumbang limbah dan polusi terbesar dan berbahaya untuk kelangsungan hidup kita. 

Selain pakaian, thrift shop juga nggak asing dengan menjual aneka barang antik yang masih sering dicari, seperti kamera analog misalnya.

 

8. MUA (Makeup artist)

Tren beauty content creator yang menghiasi jagad media sosial seperti Instagram dan Youtube, membuat para beauty enthusiast termotivasi untuk belajar memulas makeup. Bukan untuk kepentingan pribadi, tapi kemampuan ini bisa kamu jadikan bisnis sampingan sebagai makeup artist (MUA).

Profesi sampingan sebagai MUA masih sangat menjanjikan hingga tahun 2022. Walaupun modalnya cukup diperhitungkan, keuntungannya lumayan fantastis. Apalagi, MUA sekarang banyak dibutuhkan untuk berbagai acara seperti pernikahan, pesta, sesi foto, dan acara lainnya.

 

9. Jasa penitipan hewan

Kamu terbiasa mendengar jasa daycare untuk menitipkan anak? Untuk bisnis yang menjanjikan di tahun 2022, kedengarannya menarik. Tapi, ada ide bisnis yang lebih menarik dan unik: Jasa penitipan hewan. 

Jasa penitipan hewan ramai dicari saat musim liburan datang. Biasanya di hari lebaran saat banyak masyarakat hendak mudik ke kampung halaman. Nggak mungkin juga kan membawa hewan ke wilayah yang jauh dengan menggunakan transportasi umum? 

Buat pecinta hewan, ide bisnis ini boleh juga, nih! Tertarik?

bisnis sampingan - tips bisnis sampingan

10. Reseller atau dropshipper

Tertarik berbisnis dengan modal minim dengan keuntungan yang menakjubkan? Kamu bisa pilih menjadi reseller dan dropshipper. Kedua model bisnis ini sangat menjanjikan tanpa harus repot produksi. Lalu, apa sih reseller dan dropshipper?

Reseller adalah pedagang yang mengandalkan sistem bisnis dengan cara membeli produk ke supplier, kemudian dijual kembali. Sedangkan dropshipper adalah pedagang yang menjual produk dari brand tanpa harus membelinya ke supplier. Artinya, seorang dropshipper menjadi perantara bagi konsumen dan supplier, dan aktif dalam promosi saja. 

Berbagai jenis produk menawarkan model bisnis ini. Misalnya, pakaian, makanan dan minuman, kosmetik dan skincare, aksesoris, sampai new normal sanitizing kit yang berisi masker dan hand sanitizer. Sistem reseller dan dropshipper ini banyak digunakan oleh bisnis UMKM

 

Ikuti kelas: Sukses Membangun Bisnis Kuliner Ayam Geprek

 

11. Driver 

Berkendara menjadi skill plus yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan. Buat kamu yang nggak gengsi, menjadi driver bisa kamu pertimbangkan. 

Misalnya nih, kamu bisa mengisi waktu luang untuk menjadi driver ojek atau taksi online saat weekend. Kalau kerjamu bersifat fleksibel, boleh juga lho kamu membuka jasa antar jemput para pekerja. Di wilayah Jabodetabek, angkutan ini disebut omprengan. Nantinya, driver akan mengantar dan menjemput kamu di satu wilayah tertentu. Angkutan ini bersifat mempermudah para pekerja untuk sampai lokasi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum.

bisnis sampingan - driverOmprengan. Sumber: medcom.id

Selain menjadi driver angkutan umum, kamu bisa coba sebagai kurir untuk mengantar paket atau pesan antar makanan. Dengan syarat, selain pekerjaan utama kamu bersifat fleksibel, dan kamu memiliki fisik yang kuat. 

Itu tadi daftar bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan tambahan di tahun 2022, terlebih buat kamu yang mengisi waktu luang sambil mencari pekerjaan setelah di-PHK atau menjadi aktivitas pelengkap selain bekerja tetap di rumah untuk menghindari kegabutan. 

Supaya bisnis sampingan berjalan optimal, kamu wajib upgrade kemampuan sesuai bidang bisnis yang kamu jalani nantinya. Nah, Skill Academy punya ribuan kelasnya! Mulai dari bisnis dan marketing, teknologi, pengembangan diri, dan seputar dunia kerja. Materinya fresh dan dipandu oleh instruktur profesional.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Sumber:

Manurung, M Yusuf. 2020.  4 Sebab PHK Buruh di Masa Pandemi Corona Versi KSPI. Tempo. tempo.co. [daring]. https://metro.tempo.co/read/1328446/4-sebab-phk-buruh-di-masa-pandemi-corona-versi-kspi/full&view=ok

Herman. 2021. 143.065 Pekerja Berpotensi Kena PHK Hingga Akhir 2021. Berita Satu. beritasatu.com. [daring]. 

https://www.beritasatu.com/ekonomi/833743/143065-pekerja-berpotensi-kena-phk-hingga-akhir-2021

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2021. Pandemi Ubah Pola Konsumsi, Industri Makanan Perlu Berinovasi. [daring]. 

https://kemenperin.go.id/artikel/22227/Pandemi-Ubah-Pola-Konsumsi,-Industri-Makanan-Perlu-Berinovasi

Jatmiko, Bambang Priyo. 2020. Tips Jalankan Bisnis Sampingan Agar Bisa Raup Cuan. Kompas.com. [daring]. https://money.kompas.com/read/2020/02/02/100000626/tips-jalankan-bisnis-sampingan-agar-bisa-raup-cuan?page=all#page2

Abisgajian. 2021. Selain Gaji Bulanan, Ini Pentingnya Punya Bisnis Sampingan. [daring].https://benefits.bankmandiri.co.id/article/selain-gaji-bulanan,-ini-pentingnya-punya-bisnis-sampingan

Paten, Sujal. 2021. 30 Incredible Small Business Opportunities for 2022 and Beyond. Hubspot. [daring]. https://blog.hubspot.com/sales/business-opportunities

Freedman, Max. 2021. 21 Great Small Business Ideas to Start in 2022. Business News Daily. [daring].https://www.businessnewsdaily.com/2747-great-business-ideas.html

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar