8 Aplikasi Gratis di iOS yang Bisa Menambah Produktivitas Kamu

Aplikasi Gratis di iOS Menambah Produktivitas

Mau meningkatkan produktivitas sehari-hari? Yuk intip rekomendasi aplikasi di iOS yang bisa bantu kamu untuk fokus dan makin produktif!


Smartphone atau HP sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita. Selain sebagai sumber hiburan melalui media sosial dan alat komunikasi, HP juga bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas, lho.

Jika digunakan dengan bijak, aplikasi-aplikasi di dalamnya dapat sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kita sehari-hari. Khusus untuk pengguna iOS, berikut ada sejumlah aplikasi gratis yang bisa diunduh dan diinstal untuk membantu meningkatkan produktivitas. Ingin tahu aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa membantu kamu? Simaklah rekomendasi berikut ini!

 

1. Calendly

Calendly Mobile adalah aplikasi yang memudahkan kamu untuk menyusun jadwal pertemuan dengan cepat melalui iPhone. Kamu bisa dengan mudah mengatur jadwal, menyalin tautan jadwal, dan membagikannya melalui email atau pesan teks.

Calendlyaplikasi Calendly (calendly.com)

Aplikasi ini memberikan fleksibilitas untuk melihat detail pertemuan yang akan datang, menjawab pertanyaan undangan, dan bahkan bergabung dalam panggilan video langsung. Beberapa fitur lainnya adalah kalender, pengingat otomatis, kustomisasi, menandai halaman, dan sinkronisasi antarperangkat. 

Baca juga: Cara Membuat To Do List yang Efektif dan Contohnya!

 

2. ELSA SPEAK

Kalau kamu lagi belajar bahasa Inggris, khususnya speaking, aplikasi ini bisa membantu meningkatkan produktivitas belajar kamu. ELSA Speak adalah aplikasi yang membantu kamu melatih cara pengucapan bahasa Inggris dengan menggunakan artificial intelligence atau ‘kecerdasan buatan’.

ELSA SPEAKaplikasi ELSA SPEAK (id.elsaspeak.com)

Dengan teknologi AI, aplikasi ini bisa menganalisis dan memberi penilaian pada setiap suku kata dalam bahasa Inggris. ELSA membantu kamu belajar cara berbicara dan berkomunikasi dengan lebih percaya diri. ELSA juga memberikan respons instan dan ngasih rekomendasi latihan yang disesuaikan untuk meningkatkan kemampuanmu. Aplikasi ini punya free trial gratis 7 hari yang bisa kamu manfaatkan untuk uji coba.

 

3. Freedom

Kalau kamu susah fokus saat mengerjakan tugas atau pekerjaan, cobain aplikasi ini deh. Freedom for iOS adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memblokir sementara beberapa aplikasi dan situs web yang mengganggu di iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Freedomaplikasi Freedom (freedom.to)

Fitur utamanya adalah memblokir situs web dan gangguan lainnya, sinkronisasi antarperangkat, penjadwalan blokir, mode terkunci, dan manajemen melalui aplikasi atau dashboard yang mudah digunakan. Dengan Freedom for iOS, kamu dapat meningkatkan fokus dan produktivitas dengan mudah.

Baca juga: Makin Produktif Saat WFH, Cobain 10 Aplikasi Ini

 

4. Wysa

Wysa menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami masalah kesehatan mental pengguna. Aplikasi ini dapat menilai tingkat depresi, kecemasan, dan stres pengguna dari percakapan.

Setelah itu, aplikasi menyediakan 150 teknik terapi dan program pelatihan, seperti meditasi dan latihan pernapasan. Aplikasi ini menggabungkan teknik dari terapi perilaku kognitif, terapi perilaku dialektis, dan meditasi untuk membantu mengatasi depresi dan stres.

Wysaaplikasi Wysa (wysa.com)

Dengan Wysa, kamu bisa ngobrol dengan penguin virtual yang memberikan pertanyaan relevan dan membantu kamu rileks. Aplikasi ini dapat menjadi teman baik dalam menjaga kesejahteraan mental. Mental yang sehat tentu mendukung produktivitas sehari-hari. Wysa tersedia dalam versi gratis, tapi fiturnya terbatas.

Baca juga: Mengenal ChatGPT: Fungsi dan Cara Menggunakannya

 

5. Forest

Aplikasi iOS selanjutnya membantu kamu fokus dan mengurangi kebiasaan menggunakan HP atau smartphone. Dengan menggunakan timer bermain yang lucu, Forest membantu kamu tetap fokus dengan cara menanam pohon di hutan virtual setiap kali kamu bekerja.

Forestaplikasi Forest (forestapp.cc)

Selama kamu fokus pada tugas tersebut dan tidak keluar dari aplikasi Forest, pohon yang kamu tanam akan tumbuh, begitu juga dengan pencapaianmu. Jika kamu meninggalkan aplikasi Forest, pohon yang sudah kamu tanam akan layu. Beberapa fitur lainnya adalah pengatur waktu, hadiah jenis pohon baru, fitur berbagi, dan berkompetisi dengan teman.

 

6. Speechify

Kalau kamu kurang suka membaca buku dan lebih suka mendengarkan cerita, cobalah aplikasi ini. Namanya speechify, aplikasi ini mengubah teks menjadi ucapan dengan lebih dari 100 suara dari berbagai bahasa.

Speechifyaplikasi Speechify (speechify.com)

Kamu bisa mengimpor teks dari HP, komputer, atau Google Drive untuk didengar oleh robot AI. Selain itu, kamu juga bisa menautkan link artikel dari web atau situs tertentu untuk bisa dibacakan oleh Speechify. Sederhananya, Speechify seperti audiobook, jadi kamu bisa mengetahui isi buku tanpa membacanya, melainkan mendengarkannya. Seru, ya!

Baca juga: 5 Web Translate Inggris ke Indonesia, Terbaik dan Gampang

 

7. Notion

Notion adalah sebuah aplikasi serbaguna yang membantumu untuk mengatur dan mengelola berbagai jenis informasi dalam satu tempat. Dengan Notion, kamu bisa membuat dan mengedit catatan, dokumen, daftar tugas, dan bahkan database.

Notionaplikasi Notion (notion.so)

Aplikasi ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam pengaturan dan penyesuaian halaman, jadi kamu bisa membuat tata letak sesuai dengan kebutuhan mereka agar penyusunan to-do list lebih efektif. Notion juga mendukung kolaborasi tim secara real-time, membantumu berbagi halaman dan bekerja bersama dengan tim.

 

8. Streaks

Aplikasi terakhir adalah Streaks. Aplikasi ini menggunakan psikologi untuk membantu kamu membentuk kebiasaan baik jangka panjang. Kamu bisa menetapkan tujuan, melihat progress, dan mendapatkan motivasi melalui fitur pengingat.

Streaksaplikasi Streaks (streaksapp.com)

Streaks menampilkan tujuan dalam bentuk lingkaran yang akan terus terisi secara dinamis dan memberikan gambaran atas usaha kamu membangun habit baik. Aplikasi ini juga bisa membantumu mengelompokkan beberapa goals, menetapkan pengingat, dan berbagi progress dengan teman. Aplikasi ini juga bisa terintegrasi dengan aplikasi Health di perangkatmu.


Itulah 8 rekomendasi aplikasi di iOS yang bisa menambah produktivitasmu, mulai dari aplikasi yang dapat membantu fokus, mengurangi kecanduan bermain smartphone, pengatur jadwal, dan lainnya. Semoga bisa membantu dan bisa bikin kamu makin produktif, ya! Tertarik belajar lainnya? Ikuti kelas Skill Academy untuk belajar apa saja langsung dari ahlinya! Klik banner di bawah dan pilih kelasnya!

SKill Academy - CTA

Devi Lianovanda