Ingin Produktif? Pakai 7 Aplikasi Gratis di Android Berikut agar Makin Produktif

Aplikasi Gratis di Android Berikut agar Makin Produktif


Hadirnya berbagai media sosial dan masifnya informasi yang bermunculan membuat orang jadi lebih mudah terdistraksi dari hal yang sedang mereka kerjakan. Orang jadi tidak fokus ataupun menunda hal yang sedang mereka kerjakan sehingga hal tersebut tidak kunjung selesai. Dengan kata lain, tidak produktif.

Lalu, bagaimana ya agar bisa produktif dalam mengerjakan berbagai hal? Salah satu caranya adalah dengan memakai aplikasi yang termasuk productivity tools di HP Android kamu. Berikut adalah aplikasi-aplikasinya.

 

1. Google Calendar

Google Calendar

aplikasi Google Calendar

Selain media sosial, yang menyebabkan kamu tidak produktif bisa jadi karena kamu tidak menjadwalkan day-to-day pekerjaan kamu. Padahal, dengan membuat jadwal secara detail kamu akan terdorong untuk memanfaatkan waktu dengan efisien. Misalnya, pagi ini kamu memiliki 2 meeting yang jeda di antara keduanya setengah jam. Karena kamu sadar ada setengah jam kosong, kamu akan cenderung mem-blocking waktu setengah jam tersebut untuk mengerjakan pekerjaan lain. Sebaliknya, jika kamu hanya sekadar tahu ada 2 meeting di pagi hari dengan jeda setengah jam, kamu akan cenderung menghabiskan waktu setengah jam tersebut dengan tidak melakukan apa-apa.

Nah, untuk menjadwalkan day-to-day kamu sehingga kamu lebih produktif kamu bisa menggunakan Google Calendar. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mencatat, mengatur, dan merencanakan semua aktivitas berdasar tanggal dan waktu. Jadi, kamu bisa memastikan kalau pekerjaan kamu dalam sehari sudah terencana dengan baik.

 

2. Trello

Trello

aplikasi Trello

Ketika bekerja, pasti kamu tidak hanya dihadapkan pada tugas individu, tapi juga tugas per tim. Untuk mempermudah dalam mengatur tugas per tim, kamu bisa menggunakan aplikasi yang namanya Trello. Trello dikenal sebagai aplikasi project management sehingga kamu bisa membuat daftar proyek dan pekerjaan, menentukan prioritas kerja, menentukan siapa yang menjadi penanggung jawab di tiap pekerjaan, menentukan deadline, sampai melihat apa yang sedang dikerjakan rekan kamu secara online.

Hal yang menjadi poin plus lagi dari aplikasi Trello adalah semua tim bisa menambahkan informasi, memberikan tanggapan dan komentar, serta mengunggah dokumen yang diperlukan terkait proyek yang sedang dikerjakan. Tidak hanya itu, Trello juga memiliki desain UI dan UX yang baik sehingga sangat cocok untuk kerja tim sekalipun dalam jarak jauh.

 

3. Forest

Forestaplikasi Forest

Aplikasi berikutnya bernama Forest. Forest adalah aplikasi berupa timer yang membantu kamu untuk mengurangi distraksi dari handphone dan memiliki fitur yang unik. Ketika kamu mengatur durasi dari aktivitas yang kamu lakukan dan berhasil fokus selama durasi tersebut tanpa membuka handphone sama sekali, sebuah pohon virtual akan tumbuh.

Namun, jika kamu keluar dari aplikasi ini dan menggunakan handphone kamu sebelum waktu yang ditentukan, pohon virtual tersebut akan mati. Konsep dari aplikasi ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas konsistensi dalam menjaga fokus, seolah-olah pengguna sedang menumbuhkan hutan yang subur dengan menjaga pohon-pohonnya tetap hidup.

Baca juga: 8 Aplikasi Gratis di iOS yang Bisa Menambah Produktivitas Kamu

 

4. Clockify

Clockify

aplikasi Clockify

Aplikasi satu ini lebih cocok dan sangat berguna bagi para profesional, freelancer, atau tim proyek yang perlu memantau waktu kerja dan mengelola penggunaan waktu secara efisien. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak waktu yang dihabiskan pada proyek, tugas, atau aktivitas tertentu. 

Di luar fungsinya untuk mengelola waktu pengerjaan proyek, aplikasi ini juga menyediakan fitur timesheet dan time tracker yang membantu pengelolaan absensi karyawan secara online. Ditambah lagi, ada fitur performance and project review. Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa batasan jumlah karyawan.

 

5. Notion

Notionaplikasi Notion

Jika kamu merasa tidak produktif karena kurang terorganisasi dalam menyimpan catatan atau informasi terkait proyek yang sedang dikerjakan, kamu butuh Notion. Aplikasi satu ini dirancang untuk membantu kamu meningkatkan produktivitas dengan  fitur pengorganisasian ide, catatan, tugas, proyek, dan informasi lainnya dalam satu tempat. Dengan begitu, kamu dapat membuat dan mengelola database, dokumen, daftar tugas, dan lainnya dalam satu platform yang terintegrasi.

 

6. Evernote

Evernote

aplikasi Evernote

Aplikasi ini hampir mirip dengan Notion, tapi tidak bisa se-advanced Notion yang bisa menjadi project management tools. Dengan aplikasi Evernote, kamu dapat menulis catatan apa pun dan membagikannya kepada rekan kerja. Menariknya, aplikasi ini juga bisa membuat catatan kamu tersimpan secara teratur pada server Evernote. Aplikasi Evernote bisa diunduh untuk perangkat Android, iOS, dan juga bisa digunakan untuk perangkat berbasis Windows dan mac OS.

 

7. Coggle

Coggle

aplikasi Coggle

Saat bekerja dengan tim, biasanya ada brainstorming untuk bertukar input/insights/ide. Rekomendasi aplikasi yang terakhir dapat membantumu dalam melakukan brainstorming adalah Coggle. Aplikasi Coggle bisa membantu kamu untuk menulis ide dengan bentuk mind map sehingga ide yang banyak dapat tervisualisasi dan dapat dilihat koneksi atau kombinasi antara masing-masingnya.

Ikuti kelas: Memulai Karir Menjadi Android Developer


Itulah 8 rekomendasi aplikasi di Android yang bisa menambah produktivitasmu, mulai dari aplikasi yang dapat membantu fokus, mengurangi kecanduan bermain smartphone, pengatur jadwal, dan lainnya. Semoga bisa membantu dan bisa bikin kamu makin produktif, ya! Tertarik belajar lainnya? Ikuti kelas Skill Academy untuk belajar apa saja langsung dari ahlinya! Klik banner di bawah dan pilih kelasnya!

SKill Academy - CTA

Deksa Nurfadhilah