Apa itu Giveaway? Ini Penjelasan Lengkap dan 6 Cara Efektif Menerapkannya!

giveaway adalah

Giveaway merupakan strategi pemasaran yang populer dan digunakan berbagai brand. Mau mengadakannya sendiri untuk brand kamu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Siapa saja pasti suka diskon, gratisan, dan hadiah. Begitu juga audiens kamu. Mereka pasti suka promo dan hadiah gratis. Karena itu, ada banyak brand yang menggunakan strategi pemasaran bagi-bagi hadiah atau yang sering disebut dengan giveaway.

Giveaway dianggap sebagai strategi yang ampuh untuk meningkatkan engagement dengan audiens. Dilansir dari tailwindapp.com, unggahan tentang giveaway mendapatkan 3,5 kali lebih banyak like, dan 64 kali lebih banyak komentar dibandingkan unggahan biasa.

Mau mengadakan giveaway untuk brand kamu juga? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

Apa itu Giveaway?

Giveaway adalah kegiatan marketing yang mana suatu brand membagikan hadiah kepada konsumen dengan syarat tertentu. Biasanya, syarat giveaway adalah: meninggalkan komentar, membagikan postingan ke Instagram Story, menyukai postingan, menandai teman, mengikuti akun brand/perusahaan, dan syarat lainnya. 

Nantinya, brand akan menentukan siapa pemenang dari giveaway tersebut. Jumlah pemenangnya sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh brand. Cara memilih pemenang bisa dilakukan secara manual (melihat dan memilih satu-persatu) atau menggunakan bantuan aplikasi seperti Random Name Picker, Lucky Wheel, atau aplikasi lainnya.

Giveaway menjadi kesempatan perusahaan untuk berinteraksi dengan audiens dan juga mempromosikan produknya.

Mari kita ambil contoh giveaway yang diadakan oleh Ruangguru berikut ini. 

contoh giveawayContoh giveaway di media sosial. Sumber: instagram.com/ruangguru

Hadiah dari giveaway ini adalah merchandise yang ada tanda tangan member Treasure. Sebagai Teume, pasti kamu nggak mau melewatkan kesempatan dapat merchandise dari idol kesukaan kamu, kan?

Giveaway memang selalu menawarkan hadiah yang menarik untuk pengguna brand tersebut. Semakin menarik hadiah, maka semakin besar keinginan audiens untuk mengikuti giveaway yang kamu adakan. Tapi, hadiahnya harus tetap disesuaikan dengan audiens dan brand kamu, ya.

Ikuti kelas: Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing)

 

Kenapa kamu perlu mengadakan giveaway?

Berikut beberapa manfaat menjalankan giveaway:

1. Meningkatkan engagement

Engagement adalah komunikasi dua arah antara brand dan audiens. Keterlibatan audiens diukur dengan interaksi apapun yang terjadi di media sosial. Dengan mengadakan giveaway, meninggalkan komentar, membagikan konten, dan menyukai konten. Ini merupakan interaksi audiens dengan brand yang bisa meningkatkan engagement. 

 

2. Menambah jumlah followers

Ketika mengadakan giveaway, kamu bisa mensyaratkan peserta untuk mengikuti akun brand atau perusahaan. Nggak hanya follow, kamu juga bisa meminta peserta untuk men-subscribe channel YouTube kamu kalau kamu menggunakannya sebagai media promosi atau membuat konten.

 

3. Meningkatkan brand awareness

Secara sederhana, brand awareness adalah seberapa baik audiens mengenali brand kamu. Salah satu cara meningkatkan kesadaran merek audiens adalah dengan memberi kesempatan lebih banyak orang untuk melihat brand atau produk. 

Mengadakan giveaway dan memungkinkan orang-orang yang belum mengenal brandmu jadi penasaran dan mulai melihat-lihat. Kamu bisa memaksimalkan ini dengan meminta peserta untuk membagikan postingan di media sosial seperti Instagram Story atau retweet. 

Baca juga: Pengertian Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Bagi Pemilik Bisnis

 

4. Lebih hemat biaya dan waktu

Memperkenalkan dan memasarkan produk baru bisa memakan waktu yang lama. Tapi, dengan giveaway, kamu bisa memasarkan produk sekaligus mencapai tujuan marketing lain seperti peningkatan followers, brand awareness, product exposure, dan lainnya.

Menjalankan giveaway bisa menjadi strategi pemasaran yang hemat biaya. Biaya yang diperlukan bisa diprediksi karena kamu bisa menentukan budget untuk hadiah.

 

Cara efektif  membuat giveaway

Kamu juga bisa mengadakan giveaway untuk brand kamu di media sosial. Berikut adalah 6 cara membuat giveaway:

1. Tentukan tujuan giveaway

Diadakannya giveaway bisa punya tujuan tertentu dan harus dibuat dengan jelas. Misalnya, menambah jumlah followers, mempromosikan produk baru, meningkatkan penjualan, menaikkan traffic website, meningkatkan brand awareness, atau tujuan lainnya.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kamu bisa menentukan strategi yang tepat untuk pelaksanaan giveaway-nya. Misalnya, kamu ingin meningkatkan jumlah followers, maka kamu bisa memberikan syarat mengikuti brand. Begitu juga dengan tujuan lainnya.

 

2. Buat persyaratan giveaway dengan jelas

Agar giveaway berjalan dengan lancar dan adil, maka kamu perlu membuat syarat dan ketentuan giveaway dengan jelas. Misalnya, cara ikutan, jumlah hadiah, periode giveaway, tanggal pengumuman, dan lainnya. Persyaratan ini juga bantu kamu menyeleksi pemenang, jadi kalau ada peserta yang nggak mengikuti cara mainnya, bisa dieliminasi.

contoh syarat giveaway

Contoh syarat dan ketentuan giveaway. Sumber: instagram.com/ruangguru

 

3. Tentukan hadiah giveaway

Makin menarik hadiah yang ditawarkan, tentu makin banyak orang yang pengen ikutan giveaway-nya. Hadiah giveaway nggak hanya uang tunai atau produk brand kamu, lho. Bisa berupa voucher belanja, tiket jalan-jalan, alat elektronik, merchandise KPop, dan hadiah lainnya yang sesuai dengan brand dan audiens kamu.

 

4. Promosikan giveaway

Agar semakin banyak yang ikutan giveaway-nya, jangan lupa untuk mempromosikannya melalui channel marketing yang ada dan sesuai dengan target audiens. Misalnya, di Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, push notif, atau channel lainnya. 

Kamu juga bisa memberi syarat giveaway ‘membagikan postingan giveaway ke Instagram Story dan tag brand kamu’ atau ‘tag 3 teman kamu di kolom komentar’ agar bisa dilihat dan diikuti oleh followers atau orang yang ditandai oleh peserta.

 

5. Bekerjasama dengan influencer

Agar semakin banyak yang tahu kalau brand kamu sedang mengadakan giveaway, kamu bisa menggandeng influencer atau content creator untuk mempromosikannya. Jadi, followers influencer tersebut yang masih asing atau nggak tahu tentang brand kamu, bisa jadi aware kalau ternyata ada brand sesuai dengan mereka dan sedang mengadakan giveaway. Jadi semakin banyak yang penasaran dan coba ikutan, deh.

Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya untuk Bisnis

 

6. Pakai hashtag

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan hashtag agar konten terkelompokkan dengan baik. Ini juga bisa membantu audiens baru menemukan brand kamu. Misalnya, kamu menggunakan hashtag #giveawayindonesia atau #giveaway dan ada yang mengikuti hashtag tersebut maka postingan kamu bisa muncul di feed utama mereka. Atau kalau ada audiens yang mencari keyword ‘giveaway’ di media sosial, postingan kamu bisa masuk di dalam hashtag tersebut. Kalau kamu mengadakan giveaway melalui Twitter juga dan pakai hashtag, hashtag-nya bisa jadi trending kalau dipakai sama banyak orang. 

Itu dia pembahasan tentang giveaway, mulai dari pengertian, manfaat sampai cara mengadakannya sendiri. Semoga membantu, ya. Kamu, bisa belajar tentang strategi pemasaran lainnya dengan mengikuti kelas di Skill Academy. Ada banyak banget pilihan kelasnya, dan pastinya diajar oleh instruktur andal dan berpengalaman. Yuk, kepoin kelasnya di skillacademy.com atau klik banner di bawah ini!

SKill Academy - CTA

Referensi: 

Christopher, David. 2020. ‘How To Do a Giveaway on Instagram Successfully’ [daring]. Tautan: https://www.tailwindapp.com/blog/instagram-contest-ideas-that-will-grow-your-followers-70-faster 

Marketing Tutor. ‘A Definitive Guide on Giveaways’ [daring]. Tautan: https://www.marketingtutor.net/giveaways-a-definitive-guide-on-giveaways/

Forsey, Caroline. 2020. ‘7 Tips for Running Engaging Instagram Giveaways’ [daring]. Tautan: https://blog.hubspot.com/marketing/instagram-giveaway

Target Market. ‘The Benefits of Promotional Giveaways on Social Media’ [daring]. Tautan: https://targetmarket.com/2019/06/the-benefits-of-promotional-giveaways-on-social-media/ 

(Diakses pada: 20 & 21 Januari 2022).

Devi Lianovanda