Tips Belajar Akting bagi Pemula dengan Minim Pengalaman, Siap Casting!

akting adalah

Artikel ini membahas tentang persiapan pemula dalam belajar akting. Dengan minim pengalaman, kamu bisa lulus casting, lho!

Siapa yang nggak kenal dengan Anya Geraldine? Yup, selebgram sekaligus model ini semakin dikenal masyarakat karena sudah berkecimpung di dunia akting. Baru-baru ini namanya sering dibahas karena perannya di salah satu serial berjudul Layangan Putus, dan beradu akting dengan Reza Rahadian sebagai aktor papan atas Indonesia. Debut Anya sendiri terbilang baru 4 tahun dan banyak warganet yang berkomentar dengan kemampuan aktingnya yang masih harus diperbaiki. Nggak peduli dengan segala cibiran, Anya tetap percaya diri dengan mengasah skill sandiwaranya. 

belajar akting - anya geraldineSumber: liputan6.com

Nah, hal ini bisa sedikit memotivasi kamu yang ingin menjadi aktor/aktris yang belum pernah berkecimpung di dunia seni peran. Soalnya, untuk menjadi aktor/aktris terkenal dan diapresiasi banyak orang, kamu wajib menguasai akting yang baik. Secara definitif, akting sendiri adalah kemampuan berlatih peran dengan merepresentasikan karakter lain, baik sebelum dan di atas panggung. Akting bukan cuma soal peran antagonis dan protagonis saja di depan kamera atau penonton guys, kamu juga harus bisa menguasai pengelolaan emosi, gerak-gerik wajah, intonasi bicara, kepemimpinan, kedisiplinan, sampai public speaking di depan khalayak ramai. 

Untuk menjadi aktor/aktris yang baik, tentunya butuh proses dan waktu yang nggak instan. Apalagi buat kamu yang masih belum punya pengalaman sama sekali di dunia akting, kamu bisa berlatih dari hal yang paling sederhana. Nah, Skill Academy merangkum tips belajar akting bagi pemula buat kamu yang baru memulai dari 0 atau minim pengalaman. Dengan tips sederhana ini, kamu bisa lulus casting dan lanjut ke berbagai proyek akting lainnya. Sudah siap? Langsung saja simak artikel ini, ya!

 

7 tips belajar akting bagi pemula yang bisa kamu ikuti, apa saja?

 

1. Pelajari ilmu tentang akting melalui buku

Buat kamu yang tertarik banget untuk terjun ke dunia seni peran, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari segala aspek tentang akting melalui sumber pustaka. Bisa juga dari penelitian, jurnal, maupun artikel lain yang ada di internet. Jika kamu belum punya pengalaman banyak di dunia akting, perlu kamu ketahui bahwa akting bukan cuma seni bermain peran. Akting berkaitan besar dengan dunia bisnis, marketing, sampai pengembangan karakter diri. 

Dengan memperkaya bacaan, kamu bisa memiliki wawasan dan rencana kedepannya untuk berkarir di bidang ini. Terlebih lagi, kamu sebagai pelakon dengan zero experience tentunya belum terkoneksi secara luas dengan para aktor/aktris terkemuka. 

 

2. Ikut kelas akting atau teater

Indeed dalam artikelnya menyarankan, jika kamu ingin belajar akting dari level pemula yang bisa berkembang sampai lulus casting hingga berlanjut menjadi pemeran profesional, bergabunglah ke sebuah kelas akting atau teater. Nggak sedikit aktor/aktris terkenal dunia yang rela meluangkan waktunya untuk mengikuti training di kelas khusus. Contohnya saja Reza Rahadian, aktor Indonesia yang sudah meraih berbagai penghargaan film ini sengaja mengikuti teater di usia belia. Belakangan ini, dirinya juga turut aktif dalam pentas teater.

belajar akting - teaterSumber: joss.co.id

Apa sih keuntungan kamu mengikuti kelas akting atau teater? 

Yup, kelas akting atau teater pasti memudahkan kamu untuk belajar akting karena terdapat pelatih atau mentor yang siap mengajari dan mengawasi perkembanganmu dalam beradu peran, seperti mendalami emosi, membaca naskah, membangun chemistry dengan lawan pemain, membangun karakter yang kuat. Selain itu, kamu juga bisa membangun networking dengan mentor dan sesama anggota, kemudian belajar membuat naskah, produksi, kostum, dekorasi, dan teknik pencahayaan. 

[IDN] CTA Blog - Kelas Akting - Skill Academy

 

3. Latihan akting dari cuplikan film atau iklan

Mungkin kamu masih belum berani untuk bergabung di kelas akting atau teater, tetapi ingin mulai memperdalam skill akting secara pelan tapi pasti? Atau, kamu sudah bergabung ke sebuah agensi tetapi masih merasa kemampuanmu seperti pemula?

Yuk, latih kemampuan aktingmu dengan hal yang sederhana: Menyesuaikan dengan cuplikan film, serial, iklan, atau video klip. Kamu harus tahu bahwa terdapat perbedaan teknik dalam pengambilan gambar, penggunaan diksi dalam naskah, sampai gerak-gerik dalam berperan. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang masih pemula cocok banget untuk mendalami peran dengan bantuan cuplikan klip. Hal ini juga sangat membantu untuk kamu yang sedang dalam persiapan casting, lho!

 

4. Perdalam karakter dan skill yang menjual

Akting merupakan seni dalam mendalami berbagai peran dan karakter di satu individu yang sama. Artinya, kamu harus mencoba banyak karakter yang bisa jadi bertolak belakang dengan sifat asli kamu. Buat kamu yang baru memulai belajar akting, terus coba untuk mendalami berbagai karakter. Nantinya, kamu punya penguasaan yang kuat terhadap satu karakter, yang bisa membawamu ke banyak proyek. 

Berangkat dari penguasaan pendalaman berbagai karakter, kamu bisa nih menguasai skill lain dalam akting yang menjual banget. Misalnya, kamu punya hobi bermain sepak bola dan mampu memainkannya dengan baik. Dengan akting yang baik, ditambah skill menggiring bola di lapangan, kamu bisa saja ditawari oleh sutradara untuk bergabung ke proyek film tentang olahraga tersebut, lho!

Contoh lainnya adalah kamu memiliki kemampuan bermusik yang amazing banget, diikuti juga dengan menguasai akting yang dapat memikat perhatian penonton. Bisa saja nih, suatu saat kamu bergabung menjadi pemain film dengan tema musik. 

Beneran deh, skill khusus selain akting ini mempermudah kamu untuk masuk ke segala gerbang proyek.

Baca juga: Pentingnya Kemampuan Public Speaking dan Cara Meningkatkannya

 

5. Rajin mencoba casting 

Ada pepatah yang mengatakan bisa karena terbiasa. Semakin sering kamu belajar dan melakukan suatu hal yang ingin kamu tuju, semakin dekat kamu raih pencapaian itu. 

Buat pemula, casting adalah hal yang bikin deg-degan. Meskipun proyek casting yang kamu ambil belum besar, pasti ada rasa khawatir jika kamu nggak lulus ke proyek tersebut. Kalau kamu misalnya gagal untuk lulus casting, jangan langsung menyerah ya, guys! Mengikuti berbagai casting dan audisi pencarian bakat yang masih berkaitan dengan dunia akting sekaligus menjadi wadah kamu belajar dari berbagai hal yang kamu lewati, seperti kesalahan, kegagalan, dan mempertahankan keunggulan yang diakui oleh para senior. 

Baik casting yang diselenggarakan secara offline maupun online, jangan lupa untuk selalu persiapkan dirimu dengan matang dan mantap, yes!

 

6. Bangun portofolio di media sosial

Satu hal penting bagi kamu sang pemula di dunia seni: Membangun portofolio hasil karya yang kamu buat. 

Hal yang sama juga berlaku di dunia akting. Kalau kamu mager punya website, kamu bisa membuat portofolio di media sosial. Mumpung sekarang lagi konten video lagi tren di platform Youtube, Instagram, dan TikTok, coba deh isi konten-konten meniru peran di suatu film atau serial. Jika kamu adalah sang pemula yang pernah terjun ke proyek teater kecil, kamu juga bisa tunjukkan dan ceritakan karakter yang kamu bawakan serta garis besar proyek yang kamu jalani. 

Supaya dilirik oleh followers kamu, kemas portofolio dalam bentuk video yang menarik. Manfaatkan konten Reels atau video TikTok yang kreatif, menarik, dan rutin dengan optimasi maksimal yang bisa bikin naik sampai halaman FYP. Siapa tahu, kamu jadi di-notice sama aktor/aktris kesayangan kamu, bahkan sutradara papan atas yang bisa kontak kamu untuk ikut ke proyek mereka!

 

7. Jangan takut gagal. Terus coba lagi dan tetap semangat!

Ingat, bahwa dalam berkarir di bidang apapun, termasuk berkarir di dunia akting pastinya butuh waktu untuk kamu bisa grow up. Kegagalan itu pasti ada, tentunya nggak cuma sekali. Gagal casting? Kamu boleh menangis dan sedih, akan tetapi cobalah bangkit lagi untuk mempelajari kesalahan yang pernah kamu bawa. 

Kalau kamu belum bisa untuk masuk ke proyek serial atau layar lebar ternama, mungkin kamu bisa coba untuk menjadi talent iklan. Bisa juga ikut proyek video klip penyanyi baru. Mulailah dari proyek kecil dahulu, lama-lama kamu bisa kok untuk terjun ke proyek yang bisa membawa namamu ke kancah Internasional. 

akting adalah - tips belajar akting

Ingat, an acting career is like a marathon, it’s not a sprint. Jadi, santai tapi pasti saja ya, guys!

Selain mengikuti kelas akting offline, kamu juga bisa ikuti kelas belajar akting online yang cocok bagi pemula di Skill Academy. Kamu akan mendapat pengetahuan dasar mengenai akting dan public speaking yang juga harus dikuasai oleh aktor/aktris. Dipandu oleh profesional berpengalaman, kamu bisa putar berkali-kali materinya. Kelas best seller ini bisa kamu manfaatkan dengan Kartu Prakerja. Yuk, buruan daftar!

[IDN] CTA Blog - Kelas Akting - Skill Academy

Sumber: 

Indeed. 2021. How To Become an Actor With No Experience. indeed.com. [daring]. 

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-become-an-actor-with-no-experience

Acting in London. 7 Tips on How to Become an Actor with No Experience. actinginlondon.co.uk. [daring]. 

7 Tips on How to Become an Actor with No Experience

Kusariani Adinda