7 Trik Jitu Jalankan Wirausaha Sambil Bekerja

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Sep 20, 2018 6:00:00 PM

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setiap orang tentu perlu bekerja. Sayang, biaya hidup yang semakin tinggi membuat gaji dari pekerjaan saat ini terasa tidak cukup. Karena itu kini banyak orang mulai memikirkan untuk memulai usaha/bisnis sendiri demi menambah pundi-pundi uang.

Namun menjalankan wirausaha sambil bekerja penuh waktu juga bukan perkara mudah. Bayang-bayang risiko tinggi serta tidak ada pengalaman membuka usaha membuat banyak orang mengurungkan niatnya berbisnis.

Padahal tidak ada salahnya mencoba lho, Rekan Kerja. Bagi Anda yang ingin membuka usaha sambil bekerja penuh waktu, ada beberapa trik yang bisa dicoba seperti berikut ini:

1. Tetapkan visi dan misi

wirausaha

Dalam memulai bisnis, visi, misi, dan nilai perusahaan merupakan hal yang esensial (Sumber: articles.bpplans.com)

Poin ini mungkin terdengar klise. Namun percayalah, dalam memulai sebuah bisnis, Anda akan memerlukan visi dan misi yang jelas sebagai acuan awal. Seperti yang dilansir dari Inc (2015), dengan menetapkan visi dan misi, Anda akan memiliki gambaran ke mana bisnis dijalankan sehingga fokus nantinya. Tambahkan juga nilai perusahaan yang kelak ingin Anda terapkan dalam kehidupan organisasi dan pada karyawan Anda.

2. Temukan waktu luang

wirausaha

Waktu luang di akhir pekan dapat dimanfaatkan untuk mengurus bisnis (Sumber: shutterstock.com)

Banyak orang mundur untuk memulai bisnis karena merasa tidak memiliki waktu luang. Padahal jika dipikirkan lagi, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan. Ini memang akan menyita waktu liburan Anda, namun untuk dapat berbisnis sambil tetap bekerja full time, tentu ada yang harus dikorbankan, bukan?

Coba luangkan waktu beberapa jam di akhir pekan untuk memikirkan jenis bisnis yang akan dicoba serta prospeknya di masa mendatang. Selain saat weekend, Anda juga bisa sedikit mencuri waktu untuk menjalankan bisnis Anda di sela jam istirahat kantor atau sepulang kantor. Yang penting usahakan jangan mengerjakan bisnis Anda pada jam kantor, agar tidak mengganggu kinerja.

3. Bergabung dengan rekan bisnis

wirausaha

Berbisnis bersama akan memudahkan Anda dari sisi risiko dan modal (Sumber: dreamstime.com)

Jika berbisnis sendirian terasa sulit, bagaimana jika membuka usaha bersama? Selain mengurangi risiko, membuka bisnis bersama orang lain akan membuat Anda memiliki teman untuk berdiskusi. Namun ingat, sebaiknya temukan teman bisnis yang memiliki visi dan misi serupa agar tidak terlalu banyak perbedaan yang dapat menyulitkan Anda ke depannya.

4. Temukan mentor

wirausaha

Mentor bisnis dapat memberikan masukan dan kritik pada bisnis Anda (Sumber: phillymag.com)

Pebisnis yang baik adalah yang mau mendengarkan masukan serta saran dari orang lain. Karena itu agar bisnis Anda dapat berjalan lancar, ada baiknya temukan mentor yang mampu memberikan masukan serta saran.

Tidak harus keluarga, Anda dapat  meminta saran dari sahabat, atau bahkan mengikuti komunitas entrepreneur untuk saling berdiskusi dan bertukar pendapat seputar bisnis yang tengah dijalani.

5. Digitalisasi humas dan pemasaran

wirausaha

Teknologi seperti sosial media kini menjadi sarana humas dan pemasaran yang efektif (Sumber: creativemultimedia.id)

Sebuah usaha tanpa strategi pemasaran dan humas yang baik tentu akan sia-sia. Tidak perlu lagi memasarkan usaha dengan cara door to door, semuanya kini bisa dilakukan secara digital melalui sosial media, misalnya. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk memahami strategi pemasaran dan humas secara digital, agar jangkauan bisnis lebih luas dan dikenal baik oleh masyarakat.

6. Mulai dari hal yang sederhana

wirausaha

Tidak harus besar, mulai bisnis dari hal yang sederhana seperti membuka online shop (Sumber: digitalinbro.com)

Tidak harus langsung menjalankan bisnis besar, Anda dapat memulai dari sesuatu yang kecil seperti membuka toko daring (online shop). Jika modal yang dibutuhkan masih dirasa terlalu besar, Anda bisa coba menjadi reseller. Selain tidak memerlukan modal terlalu besar, bisnis online juga lebih fleksibel karena bisa dilakukan melalui ponsel pintar Anda.

7. Kontrol diri

wirausaha

Sabar, gigih, dan konsisten menjadi kunci bisnis sukses (Sumber: selfmadewoman.community)

Poin terakhir yang perlu Anda ingat dalam membuka bisnis sambil bekerja penuh waktu adalah memiliki kontrol diri. Bukan tanpa alasan, banyak orang bisa memulai bisnis namun tidak semua mampu mempertahankannya. Rasa bosan dan jenuh seringkali menjadi alasan seseorang akhirnya meninggalkan bisnis yang dijalaninya.

Ingat, tidak ada bisnis/usaha besar yang datang dengan instan. Semua butuh proses dan kesabaran Anda dalam menjalankannya. Jika saat ini belum berhasil, coba evaluasi dan mulai kembali. Dengan niat serta usaha yang gigih, kerja keras Anda tidak akan mengkhianati.

 

Itu tadi 7 trik yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis sambil tetap bekerja penuh waktu. Apapun bisnis yang akan Anda coba, ingat bahwa niat, tekad, dan sikap pantang menyerah yang kuat sangat diperlukan sebagai landasan awal memulai bisnis.

Agar semakin termotivasi, jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog atau aplikasi ruangkerja yang sudah tersedia di Play Store atau App Store. Silakan unduh dengan cara klik gambar di bawah ini. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca