5 Tips Mengelola Gaji Pertama Agar Tidak Sia-sia

Gulman Azkiya Jan 7, 2021 • 3 min read


Gaji Pertama

Apa yang kamu rencanakan dengan gaji pertamamu? Mungkin kamu bertanya-tanya gaji petama untuk apa atau mungkin akan membeli semua barang yang diidam-idamkan selama ini. Memang benar, gaji yang didapatkan dari sebuah usaha akan terasa berbeda untuk pertama kalinya. Namun ada baiknya jika kamu mencoba mengelola gaji pertamamu untuk hal yang lebih bermanfaat. Nah, yuk simak artikel berikut agar gaji yang kamu dapatkan tidak menjadi sia-sia.

1. Sisihkan untuk keadaan darurat

Dana Darurat(Sumber: unsplash.com)

Buanglah pemikiran untuk mengahabiskan semua uang pada gaji pertamamu. Kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Mulai dari sakit hingga musibah bisa saja tiba-tiba menghampirimu. Penting buat kamu mulai bijak dalam penggunaan uang. Tidak ada salahnya jika menyisihkan gaji yang didapat untuk hal yang lebih penting. Kamu akan merasa lebih aman dan tenang ketika mempunyai uang dalam keadaan darurat.

2. Tabung untuk hindari utang

Masa muda adalah masa yang paling banyak godaan. Tak jarang sebagian orang mengambil keputusan untuk berhutang demi membeli barang yang diinginkannya. Memang setiap orang bebas berhutang namun, dengan porsi gaji yang tidak sama dengan nilai hutang akan membuatmu pusing nantinya.

Mulai lah menabung dengan tujuan terhindar dari hutang. Ketika kamu mendapat godaan yang besar untuk menggunakan uangmu, tabungan yang sudah disiapkan sebelumnya dapat menjadi pilihan utama dari pada berhutang. Beberapa orang kehabisan uang gaji pertamannya karena digunakan untuk membayar hutang.

young-caucasian-woman-isolated-purple-space-keeping-two-arms-crossed-denial-concept_1187-88581 (1)

(Sumber: freepik.com)

3. Buatlah daftar prioritas bulanan

Mendapatkan gaji pertama memang sangat membahagiakan. Semua keinginan seakan-akan dapat kamu wujudkan dengan uang dari gaji tersebut. Eits, tahan dulu, kamu sebenarnya dapat menggunakannya secara lebih efektif dengan membuat daftar prioritas bulanan.

Daftar prioritas ternyata dapat membantumu untuk menata kehidupanmu lebih baik. Bagilah uangmu sesuai dengan rencana ataupun daftar penting untuk setiap bulannya. Kamu dapat membaginya mulai dari membayar kos, uang makan, transport, dan lain-lain. Perencanaan yang baik akan membuat penggunaan uangmu nantinya lebih efektif tanpa merasa menyesal. Misalnya dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari.

Rd6sn03ncIklmprvy6

4. Cobalah investasi

Hal ini sebenarnya lebih kondisional. Ketika kamu merasa gaji pertamamu cukup tinggi, tidak ada salahnya jika mencoba investasi. Pada saat sekarang ini banyak jenis investasi yang bisa kamu coba dengan biaya yang terjangkau. Misalnya saham ataupun reksa dana yang bisa kamu beli dengan modal Rp100.000. Selain itu kamu juga bisa membeli barang-barang reseller seperti sneakers dan outfit.

Jangan sia-siakan tabunganmu, dengan berinvestasi kamu dapat menambah jumlah uang yang ada ditabunganmu.

pile-coins-forming-graph_23-2148783063

(Sumber: freepik.com)

5. Jangan lupa kebahagian diri sendiri 

Kebahagian Diri (Sumber: pexels.com)

Ini bagian yang terpernting, jangan terlalu memaksa menabung jika kamu merasa tidak bahagia. Cobalah gunakan uang gaji pertamamu seperti berbelanja, membeli makanan, menyicil untuk keperluan hobi, dan jalan-jalan. Kamu perlu untuk memanjakan dirimu sehingga merasa puas akan gaji yang kamu terima. Namun, jangan lupa memperkirakan kepentingan prioritas. Karena semuanya tergantung pada pilihanmu.

Nah, itu lah 5 tips mengelola gaji pertama agar tidak sia-sia. Apakah kamu punya rencana sendiri dengan gaji pertamamu? Cobalah fokus dengan kebahagianmu, tetapi jangan lupa menyisihkan dan tetap bijaklah menggunakannya.

Beri Komentar