5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Memiliki Networking

Gulman Azkiya Jan 6, 2021 • 4 min read


cara-mendapatkan-pekerjaan-tanpa-networking

Hampir setiap saat ketika kita membicarakan mengenai pekerjaan pasti salah satu aspek berhasilnya seseorang adalah membangun networking. Yap betul, dalam bahasa awamnya yaitu orang dalam atau relasi. Membangun relasi dalam dunia kerja memang penting, lalu bagaimana jika kamu ingin mencari pekerjaan namun tidak memiliki networking. Hold on, kamu dapat melakukan hal ini agar mempermudah dalam mendaptakan pekerjaan.

1. Update CV dan LinkedIn kamu

Penting bagi kamu untuk tetap meng-update CV kamu. Buatlah CV kamu semenarik mungkin dengan informasi yang jelas.

Selain itu, gunakanlah LinkedIn kamu secara efektif. Kamu bisa memulainya dengan mencari teman-teman kamu dan orang-orang yang bekerja sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar nantinya.

Dengan LinkedIn kamu juga dapat mengikuti perusahaan yang menjadi target utama tempat kamu bekerja.

2. Kembangkan skill kamu dengan mengikuti pelatihan online

Jangan buang-buang waktu! Ketika kamu pada masa menunggu atau mencari pekerjaan cobalah mengikuti kelas atau pelatihan online. Kamu dapat meningkatkan skill kamu dan juga membuatmu lebih percaya diri.

Pada saat sekarang ini begitu banyak kelas online yang dapat kamu ikuti. Selain menambah skill, kamu juga akan mendapatk sertifikat yang tentu saja dapat kamu gunakan untuk meng-update CV dan LinkedIn kamu.

3. Riset, riset, dan riset

Research(Sumber: Unsplash.com)

Cari tahulah mengenai perusahaan yang menjadi target kamu. Dengan melakukan hal ini, memungkinkan kamu mendapatkan informasi lebih awal dari yang lain, misalnya lowongan pekerjaan.

Cobalah mencari informasi terkait, mulai dari CEO hingga bentuk managementnya. Melakukan riset tentu saja akan membuat kamu menemukan orang-orang yang nantinya akan menjadi patokanmu dalam pekerjaan.

Jika kamu dalam tahapan interview cobalah cari informasi mengenai HR atau user yang akan meng-interview kamu. Kamu dapat sesekali menyinggung hal yang mereka sukai di sela-sela interview, tapi tetap memperhatikan situasi.

Umumnya orang akan merasa tersanjung jika kamu mengetahui tentang hal-hal yang disukainya. Dalam hal ini kamu dapat menggunakan media sosial untuk mencari hal yang disukai oleh interviewermu.

4. Cobalah kerja magang

Jagan sia-siakan waktu kosongmu dengan hanya berharap pada lowongan kerja full time. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba kerja magang jika pekerjaannya relate dengan kamu.

Kamu dapat menciptakan bahkan menambah networking dengan magang.

Selain skill yang bertambah, magang juga merupakan ajang untuk dapat membuat perusahaan atau manager kamu terpukau. Ya, tentu saja dengan keinginan dan inisiatif yang tinggi.

5. Tetap masukkan lamaran kerja kamu

Jika kamu tidak dapat membuat koneksi baru, jangan biarkan hal itu menghalangi kamu untuk melamar pekerjaan. Meskipun kamu mengenal semua orang yang tepat, itu bukanlah jaminan.

Tetap masukkan lamaran dan CV kamu pada lowongan yang cocok. CV yang dibuat dengan baik dengan daftar kualifikasi yang solid dapat memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan nantinya.

Lalu bagaimana jika semua lamaran kamu ditolak? Jika semuanya gagal, jangan biarkan kurangnya networking menjadi alasan dan menghalangi kamu untuk melamar.

Jadiklan hal tersebut untuk intropeksi diri dan mengecek kembali CV kamu.

Penting untuk diingat bahwa mengenal seseorang dapat membantu lamaran kamu dilihat, tetapi itu tidak selalu menjamin pada saat interview.

Memang benar memiliki koneksi akan mempermudah, tetapi itu bukanlah segalanya.

Jika kamu yakin dengan pekerjaan yang kamu lamar. Memiliki CV yang bagus, pengalaman yang relevan, dan sikap positif bisa jauh lebih kuat daripada networking.

Itulah beberapa tips mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki netwroking. Tetap selalu kembangkan diri dan kemampuan kamu. Jangan menyerah dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan. 

 

Referensi
bussinesinsider [Daring]. Tautan:https://www.businessinsider.com/how-to-land-a-job-when-you-have-zero-connections-2017-5?r=US&IR=T#do-your-homework-3/ (Diakses 29 Desember 2020)

Zippia [Daring]. Tautan:https:https://www.zippia.com/advice/how-to-land-a-job-without-connections-in-5-easy-steps// (Diakses 29 Desember 2020)

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar