5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Gulman Azkiya Jan 14, 2021 • 4 min read


pagi-hari-agar-lebih-efektif

Kamu pasti pernah merasa sibuk seharian tetapi nyatanya tidak menghasilkan apa-apa. Pekerjaan yang telah dilakukan seakan-akan tidak efektif. Jika kamu merasa hari-hari mu berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berarti, mungkin saja kamu mengawali hari dengan hal yang kurang tepat. Nah, agar hari-hari mu lebih produktif dan tidak sia-sia, berikut adalah 5 hal yang dapat kamu lakukan di pagi hari agar lebih produktif.

1. Hindari membuat jadwal perencanaan harian

stop make a list in the morning

(Sumber: Unsplash.com)

Memang benar menjadi teratur adalah kunci kehidupan yang memuaskan. Membuat jadwal dan perencanaan harian akan membantu kamu melewati hari.

Mungkin beberapa artikel lainya juga akan menyarankan hal yang sama.

Namun, jika kamu menghabiskan menit-menit pertama harimu untuk merencanakan jadwal, kamu akan membuang banyak energi hanya karena hal tersebut. E

nergi mu akan terbuang percuma, padahal ada pekerjaan yang lebih penting menanti untuk diselesaikan.

Kamu bebas untuk membuat jadwal dan perencanaan harian, tetapi jangan lakukan di pagi hari. Kamu seharusnya sudah siap dengan jadwal yang telah disusun ketika bangun dari tidur.

Tetap prioritaskan pekerjaan utama dan selesaikan. Kamu dapat membuat perencanaan harian sebelum tidur atau setelah seluruh pekerjaan kamu sudah selesai.

2. Tenangkan diri dan sarapan

Sarapan

(Sumber: Pexels.com)

Buatlah pagi mu lebih bermanfaat dengan mempersiapkan beberapa menit untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan inspirasi.

Beberapa orang ketika bangun tidur langsung fokus untuk berangkat dan bekerja sehingga mereka melewatkan waktu yang baik untuk sarapan.

Sarapan dilakukan bersamaan dengan kegitan lain adalah hal yang tidak baik. Perlu bagi kamu menikmati sarapan yang sehat dengan tenang.

Selain itu, ambilah beberapa menit lagi untuk duduk dan menenangkan diri sembari mencari inspirasi. Kebanyakan orang sulit memasukkan kebiasaan positif seperti menenangkan diri setelah bangun dari tidur.

Mereka seakan-akan memasukkan semua kegiatan sibuk mereka di pagi hari.

Adapun hal ini terjadi karena mereka malas untuk bangun lebih awal dan dengan buru-buru langsung melakukan pekerjaan.

Padahal langsung melakukan pekerjaan setelah bangun idur akan membuat kamu lebih lambat, tidak fokus, dan juga lebih mengantuk. Maka dari itu perlu kamu mempersiapkan pagi dengan tenang.

3. Hindari Media Sosial dan segala yang mengalihkan

Tanpa kamu sadari bahwa saat kamu membuka media sosial kamu telah membuang beberapa energi. Ketika kamu terlalu berlebihan dan fokus dengan media sosial mu di pagi hari, maka bisa dikatakan hal tersebut termasuk kepada aktivitas yang sia-sia.

Jika tujuannya hanya untuk mencari informasi terbaru maka tidak ada salahnya.

Namun, skenario terburuknya adalah kamu malah mendapatkan banyak berita, pembaruan, dan hal-hal negatif yang berdampak pada mood kamu.

Energi negatif yang telah didapatkan di pagi hari akan berdampak buruk pada aktivitas mu selanjutnya.

Bermain media sosial dan internet tanpa berpikir panjang dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan energi daripada yang mungkin kamu sadari.

4. Bersyukur dan tumbuhkan energi positif

Mungkin sebagian dari kamu tanpa sadar mengeluh pada hari. Berbagai penyebab bisa menjadi alasannya mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, asmara, dan lain-lain.

Adapun hal ini adalah faktor yang paling menguras energi. Karena ketika kita memulai dengan energi negatif maka hari-hari akan terasa menyusahkan.

Tak ada yang salah ketika kamu mengeluhkan masalah mu, tetapi cobalah diimbangi dengan menumbuhkan energi postif. Tetelah seharian bekerja maka tak jarang berbagai masalah akan datang.

Cobalah bersyukur akan kondisi kamu. bersyukur adalah salah satu hal yang paling sering dilupakan, padahal sangat membantu kamu menumbuhkan energi positif.

5. Lakukanlah olah raga dan peregangan

olah raga dan peregangan

(Sumber: Unsplash.com)

Jangan malas untuk melakukan gerakan olah raga ataupun sedikit peregangan pada tubuh kamu. Beberapa menit olah raga dapat membuat kamu lebih segar dan bersemangat.

Namun, jangan lupa bahwa kamu masih memiliki prioritas utama seperti pekerjaan yang harus di selesaikan.

Olah raga boleh saja, tetapi jangan terlalu dipaksakan hanya karena ingin menjadi sehat bahkan sampai lupa waktu.

Cukup 30 menit dengan melakukan gerakan yoga, bersepada, ataupun lari pagi. Tetaplah fokus pada hari mu dan aktivitas yang akan kamu lakukan.


Nah, kamu sudah tahu kan bahwa pagi hari adalah waktu yang penting. itulah 5 hal yang dapat kamu lakukan di pagi hari agar lebih produktif sepanjang hari

Beri Komentar